The Meaning Of “God Is Dead” Part I : Pandangan Secara Umum

*Makna God Is Dead seruan Nietzsche ini hanya dalam satu sudut pandang saja. Edisi ke depan, saya akan meninjau makna Tuhan Telah mati dalam sudut pandang Nihilisme reaktif, Nihilisme pasif, dan Nihilisme Negatif (Saya dapatkan keterangan itu dari sebuah buku yang berjudul “The Life Of Nietzsche” karya Karl William, The Philoshopy Of Nietzsche karya Ernest Renant dan “Nietzsche” karya Walter Kauffmann).

“God Is Dead” ialah ungkapan yang banyak dikutip dari Friedrich Wilhelm Nietzsche. Ungkapan ini pertama kalinya muncul dalam Die Frohliche Wissenschaft sesksi 108 (New Struggles), The Madman dalam seksi 125, dan yang ketiga kalinya seksi 343 dalam The Meaning Of Our Cheerfulness. Selain dari pada itu, muncul dalam sebuah karya yang berjudul Also Sprach Zarathutra, yang paling bertanggungjawab dalam membumikan ungkapan ini. Gagasan ini dinyatakan olehnya sebagai berikut :

Tuhan sudah mati. Tuhan tetap mati. Dan kita telah membunuhnya. Bagaimanakah kita, pembunuh dari semua pembunuh, menghibur diri kita sendiri? Yang paling suci dan paling perkasa dari semua yang pernah dimiliki dunia telah berdarah hingga mati di ujung pisau kita sendiri. Siapakah yang akan menyapukan darahnya dari kita? Dengan air apakah kita dapat menyucikan diri kita? Pesta-pesta penebusan apakah, permainan-permainan suci apakah yang perlu kita ciptakan? Bukankah kebesaran dari perbuatan ini terlalu besar bagi kita? Tidakkah seharusnya kita sendiri menjadi tuhan-tuhan semata-mata supaya layak akan hal itu [pembunuhan Tuhan]?”

 

Nietzsche, Die fröhliche Wissenschaft, seksi 125

Matinya Tuhan di mata Nietzsche ialah sebuah cara untuk mengatakan bahwa mausia tidak lagi mempercayai tatanan kosmis. Hal ini disebabkan karena mereka sendiri tidak lagi mengakuinya. Kematian Tuhan, akan membawa bukan hanya sekedar kepada penolakan terhadap keyakinan tatanan fisik, tapi kepada penolakan terhadap keyakinan nilai-nilai muthlak itu sendiri. Khususnya tehadap keyakinan akan suatu hukum moral yang objekif dan universal, yang sifatnya dogmatis.

Hal ini membawa manusia kepada nihilisme, dan inilah yang diusahakan Nietzsche untuk menemukan suatu pemecahan dengan mengevaluasi kembali dasar nilai-nilai manusia. Dalam artian singkat pudarnya sesuatu yang dianggap mapan.

Nietzsche percaya bahwa kebanyakan orang tidak mengakui kematian ini berdasarkan ketakutan atau kecemasan mereka yang paling dalam. Karena itu, ketika kematian itu mulai diakui secara luas, orang akan berputus asa dan nihilisme akan meraja lela.

Bagi Nietzsche, nihilisme adalah konsekuensi dari sistem filsafat yang idealistik manapun, karena semua idealisme menderita kelemahan yang sama seperti moralitas Kristen, yakni tidak memiliki “dasar” untuk membangun di atasnya. Karena itu ia menggambarkan dirinya sebagai ‘manusia bawah tanah’ yang sedang bekerja, yang menggali dan menambang dan menggangsir.

Referensi :

1.         The Gay Of Science : Friedrich Nietzsche

2.       Also Sprach Zarthustra : Friedrich Nietzche

3.       The Geneaology Of Morals : Friedrich Nietzsche

4.        The Will To Power : Friedrich Nietzsche

5.       Nietzsche : Walter Kauffmann

6.       Nietzsche : St. Sunardi

7.        The Philosophy Of Nietzsche : Ernest Renant

8.       The Life Of Nietzsche : Karl William

9.       Gaya Filsafat Nietzsche : Gilleuz Deullez, terjmh A. Setyo Wibowo

10.      Nietzsche Sudah Mati : Ahmad Santoso

11.        Para Pembunuh Tuhan : A. Setyo Wibowo

12.      The Tree Of Philosophy : Sthepen Palmquis

 

About Falah

Keepsmile and .... and... and....
This entry was posted in Filsafat. Bookmark the permalink.

3 Responses to The Meaning Of “God Is Dead” Part I : Pandangan Secara Umum

  1. mba,
    punya buku senjakala berhala ga?

  2. semua karya nietzsche insya alloh ada, dalam 4 bahasa, ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s