с чего начать? karya Lenin

Tulisan ini memang saya teruskan dari What is To Be Done? Sekarang saya menulis pembacaan saya terhadap teks Where to Begin?. Tulisan Lenin tersebut dalam waktu dan tempat tertentu. Penafsiran kontemporer mengancam untuk menarik pelajaran yang tidak semestinya. Di sisi lain, kita harus belajar kepada Lenin untuk membedakan mana yang kita pelajari dan diterapkan secara langsung dengan situasi kita sendiri. Hal ini dikarenakan adanya suatu kesamaan antara situasi Russia awal abad 20 dan orang-orang di Indonesia, mungkin. Selain pembelajaran itu, ada juga pembelajaran untuk membuat perbedaan, meskipun berkaitan dengan pelajaran pertama pada kategorinya saat ini.

[T] on stroit iz boyevogo organizatsii i provedeniya politicheskoy agitatsii ne yavlyayutsya sushchestvennymi pri lyubykh ” seroy, mirnykh» usloviyakh , v lyuboy period , nezavisimo ot togo, kak otmecheno v ” snizheniya revolyutsionnogo dukha ” , boleye togo, imenno v takiye periody i pri takikh obstoyatel’stvakh , chto rabota takogo roda osobenno neobkhodimo , tak kak eto slishkom pozdno , chtoby sformirovat’ organizatsiyu vo vremena vzryva i vspyshki ; partiya dolzhna byt’ v sostoyanii gotovnosti k zapusku deyatel’nost’ v lyuboy moment.

Lenin membuat sebuah organisasi perjuangan dan memimpin agitasi politik. Hal tersebut menurut Lenin sangat penting untuk mendamaikan situasi dalam setiap periode. Pendamaian ini dengan tidak memperdulikan “Penurunan Semangat Revolusionar”, apalagi dalam periode tersebut semua ini sangat diperlukan. Walaupun terlalu lambat untuk membentuk organisasi di masa lalu. Pada masa itu revolusi sangat jauh dari sebelumnya. Gerakan buruh dan fortiori elemen sosialis radikal telah benar-benar hancur. Dengan demikian prinsip gerakan sosialis bertugas untuk bekerja dan merekonstruksi gerakan buruh secara mendasar. Padahal ini bukan sebuah alasan untuk menunda terbentuknya suatu oraganisasi revolusionar secara eksplisit. Jika prinsip sosialis bertugas untuk membentuk partai-partai sosialis, maka harus berpartisipasi dalam rekonstruksi. Hal ini tentunya tidak berarti bukan membentuk tugas skunder partai. Memang, jika pertisipasi dalam kegiatan rekonstruksi sepenuhnya tidak serampangan, tidak terorganisir, dan tidak konsisten dengan prinsipnya sendiri. Semua ini terkait pada strategi dan konsepsi tegas di bawah pengaruh borjuis. Di sanalah tugasnya harus mengantur antara diri individu sendiri demi menghindari bahaya.Di sinilah Lenin menyatakan bahwa media kabar sangat penting dalam pebentukan suatu organisasi sebagai berikut :

Nikogda yeshche neobkhodimost’ oshchushchayetsya tak ostro , kak segodnya dlya armirovaniya dispersnoy agitatsiyu v forme individual’nogo deystviya , mestnykh listovok, broshyur i t.d., s pomoshch’yu obobshchennoy i sistematicheskoy agitatsii , kotoraya mozhet osushchestvlyat’sya tol’ko s pomoshch’yu periodicheskoy pechati .

Hal demikian sudah mengandaikan banyak kegiatan agitasi yang teratur. Ada beberapa derajat agitasi yang dilakukan secara luas dengan tujuannya. Maka hal ini membuat kelas pekerja mengakui adanya ketidakadilan ekonomi secara rutin. Cara untuk memproduksi dan mendistribusi sebuah propaganda telah menjadi jauh beragam, menarik, dan luas. Sementara pendekatan sistemis untuk agitasi sangat diperlukan. Namun, terlebih dahulu kita harus membedakan antara agitasi, politik, dan ekonomi. Mayoritas kelas pekerja kala itu sangat terperangkap dalam jaringan penalaran politik yang sepenuhnya ditembus oleh ideologi borjuis. Bagi mereka, politik merupakan pertengkaran kecil antara pihak-pihak borjuis. Politik sosialis yang sesungguhnya tidak bisa tidak diberhentikan secara tidak realistis.  Untuk Lenin,

My sdelali pervyy shag , my probudili v rabochem klasse strast’ «ekonomicheskikh» , fabrichnykh oblicheniy , a teper’ my dolzhny sdelat’ sleduyushchiy shag , chto vozbudit’ v kazhdom chasti naseleniya , kotoraya voobshche soznatel’nyy strast’ k politicheskaya ekspozitsii.

About Falah

Keepsmile and .... and... and....
This entry was posted in Keagamaan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s